Samsung Mantap Pilih Sensor Sony di Galaxy S7

Samsung Mantap Pilih Sensor Sony di Galaxy S7


Samsung Mantap Pilih Sensor Sony di Galaxy S7
 Samsung tak lagi galau memilih sensor kamera yang akan dipakainya. Berbeda dengan flagship sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan itu kini mantap memilih sensor buatan Sony di Galaxy S7.

Bila masih ingat, Galaxy S6 dan S6 Edge mengusung sensor kamera berbeda. Ada yang menggunakan sensor ISOCELL bikinan Samsung sendiri, ada yang pakai IMX240 buatan Sony. Meski kualitasnya diklaim sama persis, nyatanya tetap ada perbedaan hasil jepretan keduanya.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan SamMobile, sensor IMX240 yang tertanam di Galaxy S6 atau S6 Edge cenderung lebih tajam hasilnya ketimbang ISOCELL. Memang, bedanya hampir tidak ketahuan kecuali jika diperhatikan dengan seksama.

Di Galaxy S7 hal ini dipastikan tak lagi terjadi. Samsung sudah memutuskan secara total menggunakan sensor kamera Sony di semua varian flagship-nya tersebut. Adapun sensor yang digunakan adalah IMX260 yang merupakan penerus IMX240.

Padahal, sempat beredar kabar kalau Samsung mungkin akan sepenuhnya pakai sensor kamera garapannya sendiri. Sensor ini disebut-sebut akan dinamai BRITECELL sebagai penerus ISOCELL. Namun aplikasi AIDA64 yang dipakai SamMobile untuk membuktikan jawabannya berkata lain, Samsung lebih memilih pakai IMX260 kepunyaaan Sony.



Resolusi Galaxy S7 sendiri memang berkurang dari 16 megapixel di Galaxy S6 menjadi 12 megapixel. Tapi berkat penggunaan sensor yang lebih baik dan bukaan lebar f/1.7, kualitas foto yang dihasilkannya makin jernih.

Ditambah lagi, Samsung juga membenamkan kamera Galaxy S7 dengan teknologi bernama Dual Pixel yang sebelumnya hanya ada di kamera papan atas seperti DSLR. Teknologi Dual Pixel tersebut bisa diibaratkan seperti mata kanan dan kiri yang mampu melihat dua objek berbeda dengan fokus sama.

Teknologi ini memungkinkan autofokus Galaxy S7 jauh lebih cepat dan lebih akurat. Sehingga seharusnya memudahkan untuk menjepret objek yang bergerak, misalnya anak kecil yang sedang menari-nari.

Komentar

Postingan Populer