Asyik! WhatsApp Gratis Total, Hapus Biaya Langganan Tahunan



Asyik! WhatsApp Gratis Total, Hapus Biaya Langganan Tahunan

Aplikasi Whatsapp

 Layanan berkirim pesan instan WhatsApp akhirnya menghapus biaya langganan per-tahun. Berarti sekarang pengguna WhatsApp dapat menikmati layanan tersebut dengan gratis secara total.
Biaya berlangganan tahunan sebesar US$1 atau £1 (tergantung lokasi) memang sebelumnya diberlakukan untuk pelanggan WhatsApp di tahun kedua pemakaiannya. Biaya tersebut sempat menjadi perdebatan dan dianggap aneh di era banyaknya layanan serupa, seperti Facebook Messenger, Skype, Viber, Line, dan lainnya, yang justru hadir secara gratis.
Setelah menjadi dilema, layanan kirim pesan WhatsApp akhirnya memutuskan untuk menghapus aturan biaya tahunan tersebut. Keputusan tersebut diambil oleh layanan pesan singkat yang diakuisisi Facebook pada tahun 2014 ini dengan alasan masih banyak pengguna di seluruh dunia yang tidak memiliki kartu debit atau kredit. Hal ini akan menyulitkan pengguna untuk membayar biaya tahunan dan bisa menyebabkannya kehilangan percakapan serta akses ke WhatsApp.
Mengenai cara memonetisasi atau menghasilkan uang dari basis penggunanya yang sangat besar, WhatsApp memastikan bahwa tidak akan ada iklan pihak ketiga. Perusahaan malah berencana untuk menambah kegunaan layanannya untuk memungkinkan konsumen berkomunikasi di bidang bisnis, misalkan menghubungi bank lewat WhatsApp tanpa kuatir terjadinya penipuan transaksi atau mengecek status penerbangan sebuah maskapai.

Komentar

Postingan Populer