Awas! Pesan Panjang Plus Emoji Bisa Buat WhatsApp Jadi Crash Di Android



Awas! Pesan Panjang Plus Emoji Bisa Buat WhatsApp Jadi Crash Di Android11 January 2016


Menulis pesan yang panjang ditambah dengan emoji dapat membuat crashversi WhatsApp saat ini di perangkat Android, demikian temuan seorang peneliti. Cara satu-satunya untuk membetulkan crash hanya dengan menghapus pesan.
Seorang peneliti keamanan dengan nama Indrajeet Bhuyan menemukan cara untuk membuat ‘crash‘ aplikasi mobile WhatsApp di smartphone Android, demikian laporan yang dilansir dari Techno Buffalo (10/1/2016). Kejadian ini terjadi ketika seseorang menggunakan versi web WhatsApp untuk mengirim pesan yang menggunakan minimal 5000 emoji ke pelanggan yang menggunakan aplikasi mobile.
Pengguna aplikasi mobile WhatsApp yang mendapatkan ‘kiriman’ tersebut akan mengalami crash yang mengakibatkan tertutupnya aplikasi. Menghapus sejarah obrolan dan membuka kembali percakapan baru merupakan cara satu-satunya agar pengguna dapat tetap dapat menggunakan aplikasi WhatsApp.
Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, namun lewat kejadian ini pengguna WhatsApp dapat kehilangan berbagai informasi akibat menghapus perbincangan untuk memulihkan aplikasinya. Cara ini dapat digunakan oleh seseorang yang ingin memaksa seseorang menghapus sejarah perbincangannya yang mungkin berbahaya bagi dirinya.
“Misalkan seseorang menyerang dengan mengirim pesan melecehkan atau memeras korban. Kini korban tidak dapat menunjukkan pesan tersebut sebagai bukti ketika korban menerima ‘smiley’ […] seluruh obrolan dengan si penyerang akan crash dan korban tidak dapat membukanya,” jelas Bhuyan.
WhatsApp merupakan layanan pesan instan yang diakuisisi Facebook pada bulan Oktober 2014. Dengan ditemukannya celah ini, kemungkinanWhatsApp akan segera berbenah dan menggulirkan update.

Komentar

Postingan Populer