Langsung ke konten utama

13 Aplikasi Game Android Ditendang Dari Google Play Store Akibat Infeksi Malware




13 Aplikasi Game Android Ditendang Dari Google Play Store

Akibat Infeksi Malware



Aplikasi Game Android Terinfeksi Malware
Aplikasi Online Terinfeksi Malware

13 aplikasi game Android telah dihapus dari Google Play Store sebagai bagian dari rantai malware yang disebut Brain Test. Bukan hanya berbahaya bagi pengguna, ke tiga belas aplikasi game tersebut juga berbahaya bagi sistem operasi Android.
Berbagai hal yang ‘mengganggu’ dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi tersebut sesaat setelah diinstal ke perangkat Android. Aplikasi yang mampu melakukan akses root ini dapat membantu menginstal aplikasi yang terinfeksi malware lainnya di perangkat yang sama tanpa sepengetahuan pemiliknya.
Selain itu, aplikasi yang terinfeksi malware tersebut dapat menciptakan ulasan palsu di Google Play Store yang memicu pengguna lainnya untuk menginstal mereka. Apalagi, ke 13 aplikasi tersebut berbentuk permainan atau games, sehingga lebih mudah menarik minatpengguna Android.
Berikut ini ke 13 aplikasi Android yang terinfeksi malware dan dilenyapkan dari Google Play Store:
Ini 13 Aplikasi Android Terinfeksi Malware


13 Aplikasi Android Terinfeksi MalwareMengenai motivasi kehadiran malware tersebut, tetap saja ‘ujung-ujungnya duit’. Si hacker dibelakang Brain Trust menjual garansi kepada developer mengenai jumlah aplikasi yang akan terinstal. Dengan menciptakan malware, hacker dapat menepati janjinya pada developer, sehingga meraup uang yang berlimpah. Beberapa aplikasi game Android tersebut telah sukses diinstal lebih dari 500 ribu pengguna, dengan rating (gadungan) 4.5.
Terakhir, bagaimana cara membersihkan malware tersebut dari perangkat Android yang terinfeksi? Dengan ponsel yang telah diakses root, maka reset pabrikan tidak dapat melenyapkan mereka. Menurut laporan yang dilansir dari Phone Arena (9/1/16), pengguna harus mem-flashing ulang ponsel mereka dan menginstal factory image yang baru. Saat terdeteksi, aplikasi-aplikasi tersebut akan memproses untuk menginstal aplikasi terinfeksi lainnya di beragam unit.

Komentar

Postingan Populer