Google Dan Mozilla Menolak Keras Munculnya Domain DotBro

Google Dan Mozilla Menolak Keras Munculnya Domain DotBro


Nama Ekstension Domain

Munculnya domain baru berextension .bro (“dot bro”) ternyata mengundang kontroversi bagi kalangan pelaku industry teknologi. Mozilla dan Google merupakan dua perusahaan yang paling ngotot menolak kehadiran domain itu. Lalu apa penyebabnya ?
Penyebabnya karena kedua perusahaan tersebut sepakat menganggap bahwa extension .bro akan memicu sensitivitas bagi kesetaraan gender. Buruknya lagi, para perempuan tentu akan merasa dikucilkan serta terdiskriminasi.
Dikutip dari laman TheInquirer, Minggu (18/10/2015) kemarin, Zoltan Szabadka, selaku Senior Engineer Google, mengatakan bahwa “domain tersebut (.bro) memiliki masalah gender, walaupun maknanya tidak semata-mata bertedensi demikian. Daripada timbul masalah dikemudian hari lebih baik menghindarinya,” Ujar Zoltan.
Pro dan kontra terkait masalah domain .bro pertama kalinya dipicu oleh perusahaan raksasa Google. Lalu di lanjut oleh Mozilla sehingga diskusi di forum Bugzilla pun menjadi panjang.
Sedangkan di forum Reddit, diskusi soal domain .bro juga berlangsung cukup panas. Salah satu anggota diskusi mengatakan bahwa domain .bro tidak ada hubungan sedikitpun dengan ketidak adilan terhadap kaum perempuan.
“Ini bodoh, semua orang yang tersinggung dengan domain tersebut sepertinya memiliki masalah dalam fikiran mereka. Domain (.bro) Cuma ungkapan akrab untuk memanggil  teman lelaki. Mereka yang mempermasalahkan ini sebaiknya check up ke dokter,” Ujarnya.
Szabadka lantas menyanggah opini itu, “Saya telah bertanya ke teman saya yang hidupnya di budaya amerika utara dan juga merupakan seorang feminis. Menurutnya, domain (.bro) harus dilawan,”.
“Mungkin sebagian dari kita menganggap hal ini sepele dan tidak perlu didiskusikan seperti ini. Bahkan kita pun tak paham kenapa ini akan menimbulkan orang yang tersinggung. Namun, nyatanya banyak sekali dari mereka yang tersinggung dan ini menjadi alasan yang cukup kuat untuk tidak menggunakan domain tersebut,” tambahnya.
Minggu lalu, sebagai solusi dari permasalahan ini domain .bro telah dirubah menjadi .br untuk meredam sensitivitas yang dimaksud. Walaupun begitu, Google Dan Mozilla tetap menganggap jalan terbaik untuk masalah ini adalah dengan meniadakan domain tersebut.

Komentar

Postingan Populer