fakta-fakta serta mitos yang berhubungan dengan binatang part 2 dan tentang Indonesia serta dunia

Hiiiiy, Hewan-Hewan Ini Bisa Mendeteksi Kehadiran Makhluk Halus!

LOOP KITA - Posted by on 

Loopers, kamu pernah, nggak, sih, lagi enak-enak bersantai di rumah, tiba-tiba anjing peliharaan kamu menggonggong tanpa sebab? Atau mendadak ada suara tokek yang terdengar dari kejauhan? Hati-hati, Loopers, konon katanya kalau ada hewan yang bertingkah laku aneh, tandanya mereka sedang melihat makhluk halus! Coba kamu cek hewan-hewan dengan kemampuan mendeteksi makhluk halus ini, deh.

Tokek

Hewan reptil satu ini dipercaya banyak orang memiliki hubungan dengan ilmu sihir. Bahkan, nggak sedikit yang bilang bahwa sebenarnya tokek merupakan hewan jelmaan jin atau setan. Waduh, serem juga, ya! Konon, kalau kamu mendengar suara tokek, itu berarti tempat tersebut sedang ditunggui oleh makhluk halus.

Kunang-Kunang

Kamu pasti setuju, deh, kalau Loop bilang bahwa kunang-kunang merupakan hewan yang cukup romantis. Cahaya mereka berkedip-kedip layaknya bintang di langit. Tapi, siapa sangka di balik keindahan tersebut, kunang-kunang ternyata disebut sebagai kuku orang yang sudah meninggal atau jelmaan iblis. Katanya, kalau saat malam hari kamu melihat segerombolan kunang-kunang, artinya sedang ada makhluk halus.

Anjing

Anjing adalah salah satu hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan. Tingkahnya yang lucu pasti bikin kamu gemas, ya, Loopers? Tapi, kamu harus waspada kalau anjingmu tiba-tiba menggonggong pada malam hari tanpa sebab. Bukan karena ia melihat ada orang asing berniat jahat, tapi karena anjingmu merasakan kehadiran makhluk halus! Hiiiy!

Kuda

Belum banyak orang yang tahu kalau kuda termasuk salah satu hewan yang bisa mendeteksi keberadaan makhluk halus. Apabila pada malam hari kamu melihat ada kuda yang terkesan resah dan nggak bisa berhenti bergerak, kemungkinan sedang ada makhluk halus yang lewat di dekat kuda tersebut.

Serigala

Kamu pasti sering menonton film atau membaca cerita tentang serigala yang selalu dikaitkan dengan hal-hal serem. Apalagi kalau saat sedang bulan purnama, seremnya bisa berlipat ganda. Kabarnya, kalau saat malam hari kamu mendengar suara lolongan serigala, bisa jadi di luar sana sedang ada makhlus halus yang berkeliaran.

Angsa

Salah satu hantu Indonesia yang “populer” di kalangan banyak orang adalah kuntilanak. Katanya, nih, kuntilanak suka menjelma menjadi sosok wanita cantik atau seekor hewan. Nah, salah satunya adalah angsa! Banyak orang yang percaya bahwa apabila ada angsa berkeliaran di malam hari, sebenarnya itu hanyalah kuntilanak yang sedang menyamar. Selain itu, ketika angsa mengeluarkan suara di malam hari, bisa jadi ada sosok makhluk halus di sekitar angsa tersebut.

Waduh, Loop jadi merinding sendiri, nih. Mulai sekarang, kalau Loop mendengar suara-suara aneh yang dikeluarkan hewan-hewan di atas, kayaknya Loop bakal parno, deh. Tapi, benar atau nggaknya semua misteri di atas, yang penting kamu harus selalu berdoa, ya, Loopers!

5 Mitos Unik yang Tersebar di Penjuru Dunia

LOOP KITA - Posted by on 
Loopers, setiap negara pasti punya mitos masing-masing yang melekat dengan budaya mereka. Eits, tapi mitos tersebut nggak hanya tentang kematian, lho. Banyak di antaranya yang juga membahas tentang kehidupan sehari-hari. Penasaran, ya? Ini, nih, mitos-mitos dari beberapa negara yang bisa kamu simak dalam tulisan Loop.

Brazil

Saat lagi jalan-jalan di mall, biasanya kamu suka membawa tas jinjing, kan, Loopers? Kadang, saking banyaknya kantong belanjaan yang kamu bawa, tas kamu bisa sampai jatuh. Wah, kalau di Brazil, tas yang jatuh ke lantai dianggap sebagai pertanda kesialan karena katanya hal tersebut bakal membuatmu miskin.

Tiongkok

Kalau lagi makan nasi menggunakan sumpit, biasanya kamu meletakkan sumpitmu dengan posisi seperti apa? Orang-orang di Tiongkok sama sekali nggak pernah menancapkan sumpit mereka dengan posisi berdiri pada semangkuk nasi karena dianggap meniru posisi batang dupa. Hal tersebut dipercaya sebagai cara menawarkan nasi ke arwah orang mati. Aduh, jadi nggak nafsu makan, Loopers!

Denmark

Mitos satu ini agak nyeleneh, nih, Loopers. Di Denmark, kalau kamu ingin membawa keberuntungan dalam hubungan pertemananmu, kamu bisa mencobanya dengan memecahkan piring di depan pintu rumah temamu pada tahun baru. Waduh, kalau di Indonesia, kayaknya kamu bakal langsung diusir dari rumah temen kamu, ya. Bisa-bisa nggak boleh temenan lagi, tuh.

Spanyol

Ada yang doyan buah anggur? Mitos orang Spanyol ini bisa kamu coba, nih. Kamu tahu, kan, jam yang selalu berdentang setiap memasuki waktu 60 menit? Kalau jarum pendek menunjuk angka tiga, maka ia bakal berdentang selama tiga kali. Nah, saat tahun baru, orang-orang Spanyol percaya bahwa memakan 12 anggur satu per satu di setiap dentingan bel pada tengah malam bakal membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Irlandia

Loopers, kamu pernah nggak, sih, ngerasa pengen bersin tapi nggak bisa? Terus rasanya hidung kamu jadi gatal banget, kayak ada yang mengganjal. Di Irlandia, kamu harus waspada kalau hidungmu terasa gatal, itu tandanya kamu bakal terlibat dalam suatu perkelahian. Waduh, nanti tinggal disembur pake bersin aja kali, ya.

Tuh, Loopers, nggak selamanya mitos bercerita tentang hal-hal serem, kan? Banyak juga kok yang unik dan berbeda. Kamu boleh percaya boleh nggak, sih, namanya juga mitos, Loopers.

Mitos-Mitos Unik Asli Indonesia yang Banyak Orang Masih Percaya

LOOP KITA - Posted by on 
Indonesia memang punya banyak tradisi yang beraneka ragam. Salah satu tradisi yang paling melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah mitos. Lucunya, meskipun dibilang mitos, banyak orang yang masih percaya dengan mitos tersebut. Nah, kali ini Loop bakal ngebahas tentang beberapa mitos yang masih dipercaya sama masyarakat Indonesia pada umunya. Langsung aja yuk kita bahas mitos-mitosnya yang satu ini.

Kalau makan nggak habis, ayamnya nanti mati

Hayoo, siapa yang suka nggak ngehabisin makanan? Hmm, nanti ayam kamu mati lho. Buat kamu yang nggak punya ayam, pasti heran dengan mitos ini. Pada dasarnya, mitos ini diciptakan agar seorang anak yang suka dengan hewan peliharaannya mau makan dengan lahap. Lagian, kalo dipikir sekali lagi, hubungan kamu sama ayam apa?

Jangan pakai baju hijau ketika di pantai

Mitos ini sering muncul ketika seseorang sedang main ke pantai, apalagi pantai selatan. Konon katanya, kalo kamu pakai baju hijau ketika di pantai, kamu bakal celaka digulung ombak pantai. Alasannya simple, Ratu Pantai Selatan suka dengan warna hijau dan nggak suka kalo ada orang lain menggunakan warna tersebut di daerah teritorialnya.

Foto bertiga, yang tengah bakal meninggal lebih cepat

Waduh, yang ini jangan sampai terjadi deh. Meski demikian, banyak orang yang mengabaikan hal ini dan tetap saja foto bertiga dengan alasan selfie terbaik. Tapi, memang nggak ada hubungannya kok, jadi nggak usah takut. Memangnya takdir ada di tangan tukang foto?

Bulu mata jatuh, ada yang kangen

Cie cie, bulu matanya jatuh. Pasti ada yang lagi kangen. Buat kamu yang kege’eran dengan ungkapan tersebut, berdoa aja kalo itu benar. Lumayan kan, berarti masih ada yang kangen sama kamu. Bisa jadi itu penggemar rahasia kamu yang diam-diam suka sama kamu.

Bersiul di malam hari mengundang setan

Kalo ini sih Loop setuju banget. Tapi, bukan ngundang setan, melainkan ngundang orang yang marah-marah seperti setan. Gimana nggak marah, kan kamu bersiul tengah malam, dimana orang lain lagi enak-enak tidur. Kan ngganggu banget tuh!

Duduk di atas bantal bakal bikin pantat bisulan

Ehm, kalo yang ini sih masuk akal kalo memang bantalnya terkontaminasi bakteri-bakteri ganas penyebab bisulan. Lagian, bantal buat kepala kok dipakai buat duduk. Iya kalo kamu tinggal di Jepang, dimana memang disediakan bantal buat duduk.

Nah, itulah tadi beberapa mitos yang sering kali dipercaya sama kebanyakan orang di Indonesia. Terlepas dari benar atau nggaknya mitos tersebut, yang paling penting adalah nilai tradisi yang kental. Unik banget kan?

Mau Memelihara Anjing? Simak 8 Hal Ini Daripada Kamu Salah Rawat!

LOOP KITA - Posted by on 
Selain kucing, orang-orang juga suka memelihara anjing. Kebanyakan anjing dipelihara, selain menggemaskan, juga sebagai penjaga rumah atau membantu seseorang dalam berburu. Eh, kamu kok jadi kepengen memelihara anjing juga? Hem, simak yang ini dulu biar kamu nggak salah rawat. Bahaya buat anjingnya kalo sampai kamu salah merawatnya!

1. Siapkan kebutuhan anjing kamu

Sebelum memelihara anjing, sebaiknya kamu menyiapkan kebutuhan anjingmu. Hal tersebut meliputi kandang atau tempat, makan minum, peralatan mandinya, kalung, dan juga tali tangan. Oh iya, pilih anjing yang sesuai dengan kamu, mulai dari gender dan jenis anjing kamu. Jangan sampai kamu kerepotan dengan anjing kamu.

2. Beri nama anjing kamu

Setelah semua siap, kamu harus memberi nama anjingmu supaya mudah dipanggil dan lebih akrab dengan kamu. Usahakan sependek mungkin dalam menamai anjing supaya anjing kamu lebih mudah mengingat namanya. Hindari nama-nama seperti “Sir Arthur Conan Doyle” dan sebagainya, karena itu terlalu panjang!

3. Pastikan anjing kamu tinggal di mana

Bukan dititipin, tapi di mana anjing kamu bisa tidur di rumah kamu. Ada dua pilihan, yakni di kandang dan nggak di kandang. Kalo kamu memilih di kandang, sebaiknya pilih kandang yang agak luas, minimal 1,5-2 kali panjang tubuhnya, 2 kali tinggi tubuhnya, dan lengkap dengan atap supaya terhindar dari panas dan hujan. Kalo nggak di kandang, carilah tempat yang beratap. Ikat anjing kamu pada suatu tiang dengan kencang. Pastikan untuk memberikan tali yang panjang sehingga mereka lebih leluasa bergerak.

4. Perhatikan nutrisi makanan anjing

Berikan makanan anjing secara teratur 2-3 kali sehari dan pada jam yang sama sehingga anjing jadi terbiasa. Selain itu, harus ada nutrisi yang diperlukan anjing. Makanan anjing harus memiliki karbohidrat (nasi, kentang), protein (telur, daging), lemak, kalsium (susu, tulang-tulangan), dan serat (sayuran). Nutrisi yang bagus akan membantu anjing kamu lebih sehat dan kuat.

5. Mandikan anjing kamu

Berbeda dengan kucing, anjing harus dimandikan secara rutin setidaknya seminggu sekali. Hal ini dikarenakan anjing sangat malas untuk membersihkan tubuhnya sendiri.

6. Perhatikan kebersihan kuku dan telinga

Jaga kebersihan kuku dan telinga anjing kamu. Bersihkan telinga minimal seminggu sekali. Selain itu, kuku juga harus dipotong bila agak panjang. Kedua tempat tersebut merupakan tempat-tempat kuman dan bakteri bersarang. Dengan melakukan hal itu, kesehatan anjing akan lebih terjaga.

7. Ajari kebiasaan anjing

Seperti kucing, anjing juga harus dibiasakan untuk buang air di tempatnya. Bedanya, kamu harus mengajaknya jalan-jalan setiap hari selama 15 menit sehingga anjing nggak bosan berada di rumah. Selain itu, dengan mengajak berjalan-jalan, anjing akan lebih ramah dengan orang sekitar.

8. Vaksin

Seperti kucing, Vaksin juga penting untuk anjing. Hal ini bertujuan mencegah terjangkitnya virus seperti rabies dan sebagainya. Kalo anjing kamu terjangkit virus berbahaya kan serem juga.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika memelihara anjing. Seperti yang Loop bilang sebelumnya, kamu juga harus bertanggung jawab terhadap hewan peliharaan kamu. Jangan membuat anjingmu tersiksa karena perbuatan kamu. Sayangi hewan peliharaan kamu!

Jangan Memelihara Hewan Sebelum Memperhatikan 5 Hal Berikut!

LOOP KITA - Posted by on 
Kamu suka sama hewan? Atau mungkin kamu sedang memelihara jenis hewan tertentu yang kamu sukai saat ini? Memelihara hewan memang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah menghilangkan stress. Hem, buat kamu yang belum memiliki hewan peliharaan tapi ingin memilikinya, mendingan kamu baca baik-baik yang satu ini deh. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu mulai memelihara hewan. Apa aja itu? Simak yang satu ini ya, Loopers!

1. Jenis hewan peliharaan

Yang pertama harus kamu perhatikan adalah jenis hewan apa yang kamu inginkan. Usahakan untuk memilih hewan yang sesuai dengan kebiasaan kamu. Pastikan kamu telah menentukan resiko dan peralatan apa saja yang harus kamu persiapkan dalam memelihara hewan tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan orang-orang rumah, apakah mereka keberatan dengan peliharaanmu atau ada yang phobia dengan hewan tersebut. Jangan sampai kamu menjadi orang yang egois dengan mengacuhkan perasaan orang lain karena hewan peliharaan kamu.

2. Budget

Setelah memilih hewan apa yang ingin kamu pelihara, kamu juga harus memikirkan budget yang akan dikeluarkan untuk memelihara salah satu jenis hewan. Budget tersebut termasuk harga hewan, pakan mereka, dan juga kelengkapan hewan tersebut. Ada juga beberapa hewan yang dapat mencari makanan sendiri, misalnya semut atau ayam. Meskipun begitu, jangan lantas malas memberi makan hewan tersebut. Kamu tetap harus memberi pakan pada mereka.

3. Waktu luang

Hindari memelihara kucing, anjing, atau hewan-hewan lain yang membutuhkan perhatian lebih kalo kamu termasuk orang-orang yang super sibuk. Contohnya saja kucing. Kucing membutuhkan makan 2x sehari, siang dan malam. Belum lagi karena sifatnya yang manja, kamu juga harus memberikan perhatian yang lebih kepada kucing kamu. Hal tersebut belum termasuk membersihkan pasir dan bulu-bulu yang bertebaran di sekitar rumah yang akan menyita banyak waktu. Hal tersebut akan sangat merepotkan, dimana kamu nggak punya waktu lebih untuk itu. Maka dari itu, perhatikan waktu luang apabila kamu akan memelihara hewan.

4. Kandang

Selain waktu luang untuk perawatan hewan peliharaan, kamu juga harus mempersiapkan kandang untuk hewan peliharaan kamu. Kalo memang rumahmu sempit, kamu nggak mungkin kan memelihara hewan yang berukuran besar seperti anjing Siberian Husky atau Golden Retriever. Anjing sebesar itu juga membutuhkan kandang yang besar. Kamu bisa aja membiarkan anjingmu berkeliaran di rumah. Namun hal tersebut akan sangat merepotkan apabila mereka buang kotoran di dalam rumah secara sembarangan. Kamu jadi kena marah deh.

5. Lingkungan

Hal terakhir namun nggak kalah penting adalah lingkungan sekitar. Pilihlah hewan yang sesuai dengan lingkungan kamu. Contoh ekstrimnya nih, jangan memelihara penguin di rumah kamu yang notabene beriklim tropis. Cukup yang sesuai dengan lingkungan rumah kamu. Kasihan juga kan kalo hewan peliharaan kamu jadi stress gara-gara nggak kerasan di lingkungan kamu.

Hal-hal tersebut haruslah kamu perhatikan sebelum mulai memelihara jenis hewan tertentu. Ingat, seorang majikan harus bertanggungjawab dengan hewan peliharaan miliknya. Jenis apapun hewan peliharaan kamu, rawatlah dengan baik ya, Loopers.

Kenapa Sih Orang Suka Memelihara Hewan?

LOOP KITA - Posted by on 
Akhir-akhir ini, banyak orang yang memelihara hewan, baik itu kucing, anjing, atau mungkin yang ekstrim seperti ular. Bahkan, saking cintanya sama hewan peliharaan mereka, para pecinta hewan rela mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk merawat dan memelihara mereka. Kira-kira, kenapa sih mereka sampai suka memelihara hewan? Kali ini Loop bakal ngasih info tentang alasan-alasan orang dalam memelihara hewan. Mau tahu apa aja? Simak langsung yang satu ini ya, Loopers!

Suka sama hewan

Alasan utama kenapa seseorang suka memelihara hewan adalah orang tersebut suka sama hewan. Karena saking sukanya sama salah satu jenis hewan, orang akan berusaha untuk memiliki hewan tersebut. Hal lain adalah orang tersebut kasihan dengan hewan tersebut. Misalnya aja seorang pecinta kucing yang melihat kucing kecil kurus yang terlantar di jalanan. Orang tersebut akan segera mengambil dan memeliharanya, meskipun sebenarnya nggak ingin memiliki hewan peliharaan sebelumnya.

Menghilangkan stress

Alasan kedua yang sering digunakan seseorang ketika memelihara hewan adalah mereka ingin menghilangkan rasa stress yang ada dalam benak mereka. Salah satu manfaat memelihara hewan adalah menghilangkan stress. Mungkin hal ini yang menjadi dorongan kuat untuk para pemelihara hewan. Sebagai contoh, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengelus kucing setidaknya tiga kali sehari dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan mengelus kucing dapat menenangkan pikiran.

Ingin cari kegiatan

Ada juga yang memelihara hewan karena memang mencari kegiatan di tengah kebosanan yang melanda. Karena bosan, banyak orang ingin memelihara hewan untuk dijadikan “mainan” pelipur lara hati yang sedang galau. Ada juga yang memang memelihara hewan untuk kepentingan bisnis, misalnya mengembangbiakkan kucing untuk dijual kemudian hari dan mendapatkan keuntungan. Namanya juga nyari kegiatan, kalo memang bisa menghasilkan sesuatu, kenapa nggak?

Ingin melatih tanggung jawab

Salah satu manfaat lain ketika memlihara hewan adalah melatih tanggung jawab seseorang. Ya, ada juga orang yang memelihara hewan karena dirinya ingin melatih rasa tanggung jawabnya. Kebanyakan sih buat mereka yang mau nikah. Alasannya karena mereka ingin merasakan bagaimana rasanya memiliki tanggung jawab membesarkan anak, sehingga peliharaan mereka dianggap anak sendiri. Oke-oke aja sih, tapi jangan sampai tuh peliharaan dibawa jalan-jalan ke mall. Iya kalo cuma kucing atau anjing, kalo peliharaannya kambing gimana?

Itu tadi beberapa alasan kenapa orang memilih memelihara hewan. Selama orang tersebut memelihara hewan-hewan peliharaannya dengan baik, mau apapun alasannya, mereka boleh-boleh aja memlihara hewan sesukanya. Ada alasan lain nggak nih, Loopers?

Baca Lainnya : klik di sini !!


Komentar

Postingan Populer