Alasan Kenapa Harus Menggunakan Android Dibanding iOS

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Android Dibanding iOS

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Android Dibanding iOS

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2007 silam, Android secara perlahan mulai menumbangkan banyak platform dan vendor smartphone yang tidak menggunakannya. Sebut saja Nokia yang tumbang hingga kemudian dibeli oleh Microsoft, dan bahkan BlackBerry pun sekarang menggunakan sistem operasi Android pada BlackBerry Priv.
Sehari-hari, kamu pasti lebih banyak menemukan orang menggunakan smartphone Android saat berada di tempat umum atau lingkungan kerja dan kampus. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Inilah alasan kenapa kamu harus menggunakan Android.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Android

Semakin banyaknya vendor yang mengadaptasi Android, serta semakin banyaknya yang menggunakan Android tentu bukanlah tanpa alasan. Alasan kuat untuk menggunakan Android sudah pasti berada di baliknya.

1. Terbuka

alasan-harus-menggunakan-android
Android merupakan salah satu sistem operasi open source atau terbuka. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Inilah yang membuat Android banyak diadaptasi oleh para vendor. Berbanding terbalik dengan iOS yang tertutup dan eksklusif untuk produk milik Apple saja.

2. Banyak Pilihan Perangkat

alasan-harus-menggunakan-android-2
Karena banyak diadaptasi vendor, maka pilihan perangkat yang menggunakan sistem operasi Android pun semakin banyak. Android menyediakan pilihan yang beragam untuk kamu; ada smartphone, phablet dan tablet untuk mendukung komunikasi hingga produktivitas kamu. Bahkan kini Android sudah mulai diaplikasikan di PC lewat Remix OS. Jika mau coba Remix OS di PC kamu, baca artikel Cara Instal Remix OS Untuk Menggunakan Android di PC.
cara instal remix os di pc 7
Smartphone yang dikembangkan dengan sistem operasi Android pun mengalami kemajuan pesat. Bukan hanya segi desain yang beragam, tapi juga teknologi layar terbaru seperti Samsung Galaxy S6 Edge, RAM besar hingga 4 GB seperti yang diusung Zenfone 2, teknologi kamera yang terus berkembang, hingga teknologi keamanan yang saling bersaing. Tentu ini menjadi nilai tambah bagi kamu untuk memilih perangkat mana yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Ekosistem Aplikasi Lebih Beragam

Thanks to Android yang menggunakan sistem open source, sehingga membuat para pengembang aplikasi lebih mudah membuat aplikasi. Pada tahun 2014 saja, jumlah aplikasi yang masuk ke Play Store sudah mencapai 1,4 juta aplikasi. Menakjubkan bukan? Dampaknya, kamu yang menggunakan smartphone Android jadi lebih mudah karena banyak aplikasi yang bisa dicoba dan dipilih.
alasan-harus-menggunakan-android-3
Untuk aplikasi-aplikasi yang tidak lolos kurasi Google Play Store, kau masih bisa mendapatkan file apk aplikasi tersebut di toko aplikasi lain atau di forum diskusi. JalanTikus juga banyak menyediakan aplikasi-aplikasi menarik yang tidak tersedia di Play Store.
Bahkan tanpa perlu mengetahui basic coding pun, kamu bisa membuat aplikasi Android sendiri. Mau coba membuat aplikasi Android sendiri? 

4. Lebih Mudah Dikustomisasi

alasan-harus-menggunakan-android-4
Karena mengusung sistem open source, maka Android mudah untuk dimodifikasi atau dioprek. Bukan hanya dimodifikasi oleh vendor atau developer, tapi oleh pengguna. Dengan membuka akses root, pengguna bahkan jadi lebih leluasa ngoprek Android hingga ke berbagai bagian sistem yang dikunci oleh vendor. Kamu bahkan bisa mengganti ROM yang dibawa oleh suatu smartphone Android dengan ROM lain menggunakan Custom ROM. Hal ini tidak akan kamu temukan pada iOS deh!
alasan-harus-menggunakan-android-7
Tanpa akses root pun kamu bisa memberikan banyak sentuhan kustomisasi di perangkat Android yang kamu gunakan. Banyak pilihan launcher yang akan membuat Android milik kamu berjalan lebih ringan dan stabil untuk menggantikan launcher bawaan vendor. Launcher juga bisa kamu gunakan untuk membuat Android kamu lebih personal. Kamu bisa mengubah tampilan Android menjadi iPhone, hingga menjadikan Android seperti tampilan Nokia jadul.

5. Harga Lebih Bersahabat

Dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS, perangkat yang menggunakan sistem operasi Android memiliki rentang harga yang jauh lebih murah. Pada sebuah survey yang dilakukan oleh Statista pada tahun 2013, terlihat perbedaan rentang harga antara perangkat Android dengan iOS terpaut rata-rata USD 350.
alasan-harus-menggunakan-android-6
Dengan mengeluarkan uang hanya Rp 3 jutaan saja, kamu bisa mendapatkan smartphone Android dengan RAM 3 GB seperti Axioo Venge X, atau Asus Zenfone 2 dengan RAM 4 GB. Sementara dengan harga menembus 10 juta, kamu hanya akan mendapatkan smartphone iOS dengan RAM 2 GB. Sepesifikasi lainnya bisa dibilang Android lebih mengungguli iPhone.

6. Support MicroSD

alasan-harus-menggunakan-android-5
Akhir-akhir ini banyak vendor yang menjual smartphone Android tanpa dibekali slot MicroSD atau kartu memori. Dan harus diakui, kamu juga pasti mengakuinya, bahwa itu menjadi nilai minus bagi smartphone tersebut. Gimana nggak, untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas, kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Sementara jika ada slot MicroSD, kamu bisa menambah memorinya dengan harga yang lebih murah dan mudah. Hanya sedikit vendor smartphone Android yang menghilangkan dukungan MicroSD, sementara perangkat iOS sudah dipastikan tidak ada yang menggunakan slot MicroSD. Jadi, mending pilih Android kan? Apalagi buat kamu yang suka banget download aplikasi dan game-game baru.
Nah, itu tadi 6 alasan kenapa kamu harus memilih Android dibandingkan iOS. Setuju?

Komentar

Postingan Populer