sering mimisan...? mungkin kamu harus baca ini!...(part 1)

Ini 5 Penyebab Mimisan dan Bagaimana Mengatasinya

LOOP KITA -

Loopers, punya teman yang sering mimisan? Itu loh, tiba-tiba keluar darah segar mengucur dari hidung. Kan serem tuh. Kalo ada orang yang mimisan, seringkali orang-orang di sekitarnya merasa panik. Pada dasarnya sih, mimisan itu bukan penyakit yang serius. Tapi kalo mimisan terjadi terus-menerus, sebaiknya perlu segera diperiksakan ke dokter. Nah, kali ini, Loop akan ngasih tahu kamu beberapa informasi mengenai penyebab mimisan serta bagaimana cara mengatasinya. Langsung aja ya, Loopers. Simak yang satu ini!

Berbagai penyebab mimisan
Mimisan merupakan kelainan pada tubuh berupa pendarahan yang keluar dari lubang hidung. Pendarahan tersebut terjadi karena terlepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Hampir semua kalangan berpotensi mengalami mimisan. Ada pun penyebab dari mimisan adalah sebagai berikut:
  1. Alergi
 
Salah satu penyebab mimisan yang dialami oleh seseorang adalah reaksi alergi terhadap seseuatu sehingga menyebabkan pembuluh kapiler menjadi terbuka dan akhirnya mengeluarkan darah dari hidung.
  1. Cuaca panas
Ketika cuaca panas, kelembaban hidung menjadi berkurang dan akhirnya area hidung jadi mengering. Area hidung yang mengering itulah yang akhirnya memicu terjadinya mimisan akibat iritasi pada area hidung. Biasanya, sebelum mimisan, seseorang yang terpapar cuaca panas secara berlebihan akan merasakan pusing yang sangat hebat.
  1. Tumor
Mimisan juga dapat disebabkan oleh tumor. Hal ini biasa terjadi dengan penderita tumor di dalam rongga hidung yang bernama angiofibroma. Tumor angiofibroma biasanya ditemukan pada anak-anak usia muda atau dewasa. Tumor ini sering terlihat sebagai benjolan seukuran biji buah nangka yang berwarna merah keputihan di hidung penderita.
  1. Trauma
Penyebab yang satu ini mungkin lebih sering terjadi. Mimisan dapat terjadi akibat trauma ringan, misalnya mengorek hidung, benturan ringan, bersin, mengeluarkan ingus terlalu keras, atau mungkin karena trauma yang lebih hebat seperti terkena pukulan, jatuh, atau kecelakaan. Selain itu, mimisan juga bisa terjadi karena adanya benda asing tajam atau trauma karena pembedahan.
  1. Tekanan darah naik
Penderita tekanan darah tinggi bisa memicu terjadinya mimisan. Penyebab mimisan yang satu ini lebih sering muncul pada wanita atau ibu-ibu yang sedang hamil. Sebaiknya, hal ini dikonsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut sehingga nggak mengganggu kehamilan.
 
GIF from entasia.net
Cara mengatasi mimisan
Banyak orang kebingungan dalam menghadapi seseorang yang mimisan. Apabila kamu menemui orang yang mengalami mimisan, sebaiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini.
  1. Dudukkan penderita dengan posisi hidung lebih tinggi daripada jantung. Jangan menyuruh pasien untuk tidur terlentang, sebab hal ini akan membuat pendarahan semakin parah.
  2. Bungkukkan badan penderita sedikit dan berikan instruksi untuk bernafas melalui mulut.
  3. Tekan cuping hidung selama 5 menit.
  4. Berikan kompres dingin pada hidung.
  5. Bila selama 5 menit darah masih mengalir, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit.
  6. Apabila masih mengeluarkan darah, segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk menerima bantuan medis.
Kunci dalam menangani mimisan adalah sikap tenang dan nggak terburu-buru. Bantu sang penderita untuk tetap tenang sehingga darah akan segera berhenti.

Nah, itu tadi beberapa penyebab dan bagaimana cara menangani mimisan. Ada yang punya pengalaman unik dengan mimisan nggak?

Komentar

Postingan Populer