OS Android dari Masa ke Masa - Part 1

OS Android dari Masa ke Masa - Part 1

TECHNO & GAMES - Posted by Master Admin on 


Hai Loopers! Hari gini nggak punya smartphone bisa dibilang nggak gaul. Yang namanya smartphone pasti lengkap dengan operating system-nya dong. Salah satu OS yang terkenal adalah Android. Ya, Android. OS buatan Google yang satu ini memang dipakai sebagian besar merk smartphone yang diproduksi di dunia. Tapi, kamu tahu nggak macam android dari pertama keluar hingga sekarang? Hemm, kali ini Loop bakal kasih tahu kamu perkembangan Android dari awal hingga sekarang. Penasaran? Simak yang satu ini ya, Loopers!

  1. Android 1.0 (Astro)
Ini adalah Android pertama yang dibuat oleh Google pada tanggal 23 September 2008. Pada awalnya, Android yang satu ini akan dinamai dengan nama “Astro”, tapi karena alasan hak cipta dan trademark, nama tersebut nggak jadi dicantumkan dalam versi pertama Android ini. Ponsel pertama yang menggunakan OS ini adalah HTC Dream. Dalam Android versi pertama ini, udah tersedia Android Market dimana pengguna bisa mendownload berbagai macam aplikasi dan update untuk Android. Selain itu, terdapat fitur sinkronisasi dengan berbagai layanan Google lain.

  1. Android 1.1 (Bender)
Android versi 1.1 merupakan Android awal dimana versi ini baru memberikan sentuhan di beberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (user interface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya, Android ini akan diberi nama “Bender”, akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API, dan menambahkan beberapa fitur.

  1. Android 1.5 (Cupcake)
Di bulan Mei 2009, Android mengalami perubahan versi. Mulai dari versi inilah Android mulai menggunakan nama makanan pencuci mulut. Karena merupakan versi yang ketiga dari Android, maka nama Android versi ini diawali dengan huruf C, sehingga jadilah “Cupcake” sebagai nama resmi versi OS Android ketiga ini. Perubahan yang terjadi dalam versi ini di antaranya sistem fasilitas pengunggah video ke Youtube, headset nirkabel Bluetooth, serta tampilan gambar bergerak yang lebih menarik.

  1. Android 1.6 (Donut)
Kurang dari 4 bulan setelah perilisan Android Cupcake, tepatnya pada bulan September 2009, Android Donut diluncurkan. Android versi Donut memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya, yaitu fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs, dan support layar dengan resolusi WVGA.

  1. Android 2.0/2.1 (Éclair)
Masih ditahun yang sama, Android kembali merilis operating sistem versi terbarunya, yaitu Android versi 2.0/2.1 Eclair. Android Eclair diluncurkan oleh Google 3 bulan setelah peluncuran Android versi 1.6. Dengan meluncurkan 4 versi di tahun yang sama, akhirnya begitu banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk menggunakan dan mengembangkan Android sebagai platform utama yang digunakan untuk handset-handset terbaru mereka. Inilah era kebangkitan Android yang sempat mendobrak doktrin penggunaan sistem layar yang awalnya dipandang kurang user friendly bagi pengguna.

  1. Android 2.3 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Butuh 5 bulan bagi Google untuk melakukan regenerasi dari Android Eclair versi sebelumnya ke versi Froyo Frozen Yoghurt. Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 alias Android Froyo ini dirilis pertama kali pada smartphone Google Nexus One. Sistem operasi dengan julukan Froyo ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar aplikasi serta tampilannya. Keinginan untuk bisa menempatkan sebuah kartu ekspansi berbentuk slot Micro SD berkapasitas besar sudah bisa diwujudkan oleh OS versi ini. Selain itu, diluncurkan support terhadap Adobe Flash Player 10.1.

Komentar

Postingan Populer