Tips-Tips menghindari smartphone palsu !

Hindari Smartphone Palsu Dengan Tips-Tips Berikut!

TECHNO & GAMES - Posted by Loop

Kamu pasti pernah atau bahkan sering mendengar modus baru dunia kriminal, yakni pemalsuan smartphone bermerk terkenal. Akhir-akhir ini, banyak beredar pemalsuan smartphone impor bermerk terkenal seperti Apple atau Samsung dengan mereplika barang tiruan seperti barang aslinya. Padahal, barang-barang tiruan seperti itu bisa merugikan perusahaan pembuat benda aslinya, juga merugikan kita sebagai konsumen. Selain kualitasnya buruk, terkadang smartphone palsu bisa jadi membahayakan kesehatan kita. Namun jangan khawatir, Loopers. Ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan buat membedakan smartphone asli dengan yang palsu.

  1. Cek spesifikasinya
Pada umumnya, perangkat mobile yang keluar sekarang ini mampu berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100. Sebaliknya, perangkat palsu nggak akan bisa melakukannya. Selain jaringan, spesifikasi prosesornya juga dijadikan standar penilaian. Kemudian, dari kapasitas RAM dan ROM nya akan terlihat perbedaannya. Di perangkat asli, umumnya kapasitas RAM dan ROM akan lebih besar, sedangkan di produk palsu sangat terbatas, bahkan ada yang hanya sebesar 512MB. Nggak hanya itu saja, kamera, layar, Wi-Fi, Bluetooth, sampai dengan baterainya juga dapat dijadikan penilaian apakah barang tersebut palsu atau nggak.

  1. Cek IMEI
Memang nggak semua perangkat dapat menggunakan kode ini, namun mayoritas dapat melakukannya. Buat memeriksa nomor IMEI, kamu dapat menekan tombol *#06# dan ketika nomor IMEI sudah muncul pada layar, coba cocokkan dengan IMEI di box nya. Setelah itu, kamu dapat mengetahui di mana tempat perakitan produk tersebut dengan melihat dari deret angka IMEI ke tujuh dan delapan. Ada kode-kode khusus yang dapat kamu jadikan rujukan dalam melihat tempat pembuatan perangkat itu di Google.

  1. Cek data exif
Cara ini tergolong mudah, sebab dengan menggunakan data exif foto yang diambil menggunakan kamera di smartphone kamu, maka dapat diketahui secara jelas keaslian dari smartphone tersebut. Ketika kamu mengabadikan suatu obyek menggunakan kamera di perangkat mobile, ketika hasilnya dicek di Galeri atau juga ketika dipindahkan ke PC, akan terlihat data exif lengkapnya pada properties.

  1. Periksa bentuk, desain, dan warnanya
Pada umumnya, setiap vendor selalu memiliki ciri khas akan produk yang dikeluarkannya. Walaupun terlihat sama, namun bentuk, desain, dan warna perangkat asli dan palsu berbeda. Berat, ukuran layar, serta detail dari perangkat juga dapat dijadikan acuan buat mengetahui apakah barang tersebut palsu atau asli.

  1. Curigai harganya
Tentu saja, langkah terakhir yang dapat dilakukan buat mendeteksi barang palsu atau bukan adalah melihat dari kualitas dan harganya. Apabila disandingkan dengan produk asli, maka kualitas dari barang palsu nggak akan bisa mengunggulinya. Dan lagi, barang mahal tentu saja memiliki kualitas sendiri. Begitu pula produk asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal.

Komentar

Postingan Populer