Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!


Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda, Atasi Segera!

Tidak ada keraguan bahwa teknologi telah berkembang secara dramatis bila dibandingkan dengan abad ke-19. Mengingat semua kemajuan yang telah kita lihat dalam sejarah, kita tampaknya menikmati memiliki smartphone. Smartphone telah mengubah cara kita hidup. Sekarang kita menikmati kebebasan terhubung ke dunia maya dengan hanya membawa smartphone di kantong kita di mana pun kita pergi.
Memang sih, teknologi meningkatkan cara hidup kita, namun kesehatan kita mungkin memburuk. Berikut adalah beberapa fakta tentang bagaimana smartphone Anda mempengaruhi otak dan kesehatan tubuh tanpa sepengetahuan Anda.

Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Otak dan Tubuh Anda

Kesehatan Psikologis Anda

1. Smartphone Mengurangi Interaksi Sosial

masukkan deskripsi gambar disini
Penggunaan smartphone akan merubah mood dan sikap Anda, terutama jika Anda dalam grup. Hal tersebut akan mencuri perhatian Anda bila dibandingkan dengan teman sekitar Anda. ini mengurangi kemampuan Anda dalam berhubungan dan bersosialisasi dengan orang lain. Ini sering mengakibatkan lebih menarik diri dari masyarakat dan meningkatkan kemungkinan menjadi "tertutup".

2. Penggunaan Smartphone Mengurangi Memori Anda

masukkan deskripsi gambar disini
Smartphone adalah alat yang sangat baik untuk menangkap moment yang terbaik dan paling berkesan dalam hidup kita. Tapi, kadang-kadang smartphone juga menjadi penyebab saat kita kehilangan memori kita. Hal ini disebabkan fakta bahwa kita hanya bergantung pada teknologi untuk mengingat hal-hal tersebut. Kita seakan berhenti untuk mengingat hal-hal tersebut dengan ingatan kita sendiri. Oleh karena itu, hal tersebut seakan hanya menjadi foto digital bukan kenangan di dalam diri kita.

3. Penggunaan Smartphone Melemahkan Penalaran Induktif Anda

7658298768_e4c2c2635e_b
Sekarang ini, sangat mudah bagi kita untuk mencari tahu suatu hal di Google hanya dengan satu kali klik. Tapi ini menyebabkan ketergantungan pada Google dan internet untuk memecahkan masalah dan pertanyaan menjadi boomerang pada kita. Dr Gordon Pennycook, Ph.D. Psikologi Kognitif di University of Waterloo, mengungkapkan bahwa kami lebih ketergantungan pada internet dan telah mengencerkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk secara logis memecahkan dan menentukan jawaban yang benar pada kita sendiri.
Ini karena kita benar-benar tergantung pada apa yang internet berikan kepada kita. Daripada membaca tentang hal-hal dan membuat kesimpulan analitis, kita menganggap bahwa jawaban yang kita kumpulkan dari internet pasti benar.

Kesehatan Fisik Anda

Kesehatan mental dan psikologis bukan satu-satunya hal yang memburuk karena penggunaan smartphone kita, kesehatan fisik kita juga memburuk. Kenyamanan menggunakan smartphone menghilangkan beberapa kegiatan fisik yang kita lakukan setiap hari dan mengubahnya menjadi salah satu dari yang kita sebut 'malas' atau 'menunda-nunda' moment.

1. Smartphone Bisa Menjadi Penyebab Kelebihan Berat Badan

confrontation-930744_960_720
Smartphone memungkinkan kita mengakses film favorit kita, permainan, dan aplikasi media sosial digital. Hanya dalam beberapa klik, kita dapat melakukan apapun yang kita inginkan. Ini hanya memperburuk perilaku 'berdiam diri' dan kurangnya aktivitas fisik. Faktor-faktor ini menyebabkan obesitas dan risiko untuk penyakit kronis.

2. Penggunaan Smartphone Dapat Mengganggu Pola Tidur

8969004201_1fea051508_b
Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik mengganggu produksi hormon melatonin kita. Hormon-hormon ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menidurkan kita.

3. Penggunaan Smartphone Dapat Meningkatkan Cedera Fisik

bahaya-smartphone
Jika Anda secara fisik kurang aktif, otot-otot dalam tubuh Anda mulai melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini, pada saatnya, membuat Anda rentan terhadap cedera fisik. Kita semua telah mendengar tentang kecelakaan yang disebabkan oleh mengemudi sambil SMS-an, tetapi apakah Anda tahu bahwa Anda juga rawan kecelakaan meskipun Anda hanya berjalan sambil SMS-an? Smartphone dapat menyebabkan cedera fisik karena mengalihkan Anda dari lingkungan fisik Anda.

Cara Produktif Untuk "Beristirahat" Dari Smartphone Anda

1. Nikmati Beberapa Aktivitas Luar Ruangan

CircleOfFriends
Lebih sering keluar dari rumah dan membangun kembali hubungan Anda dengan alam. Pergi keluar untuk berjalan-jalan atau lari. Undang teman-teman Anda dan bermain olahraga favorit Anda. Atau mencoba sesuatu yang baru, seperti bersepeda gunung atau berkemah.Melakukan semua kegiatan di luar ruangan yang Anda sukai. Ini juga akan mendorong interaksi sosial dengan teman dan keluarga.

2. Baca Buku

CORI_Middle_School_Reading
Daripada membaca novel favorit pada smartphone Anda, lebih baik ke perpustakaan atau toko buku dan mendapatkan salinan fisik. Tidak ada yang mengalahkan perasaan santai membaca buku fisik di samping jendela dengan minuman panas.

3. Ambil Pulpen dan Mulailah Menulis

writing-923882_960_720
Apakah Anda pernah merasakan moment dimana Anda menulis surat kepada seseorang yang istimewa menggunakan pena dan kertas? Atau mengungkapkan semua pikiran dan perasaan dalam buku harian? Sudah waktunya untuk melakukannya lagi. Cara kuno atau menulis masih merupakan cara terbaik untuk menyampaikan perasaan Anda.

4. Luangkan Waktu untuk Hobi Anda

hobby-358921_960_720
Apakah Anda suka memasak, menggambar, atau berenang? Apa pun yang Anda sukai, saatnya untuk kembali ke hobi dan menghabiskan waktu luang untuk diri Anda sendiri.

5. Berinteraksi dengan Hewan Peliharaan Anda

singa-jinak
Ada alasan mengapa anjing dianggap 'teman terbaik manusia'. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stress dan merasa lebih bahagia.
Nah, itulah pengaruh negatif smartphone terhadap otak dan tubuh Anda. Apa Anda sudah berusaha mengatasinya? Tinggalkan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini ya.
Sumber gambar: Google

Komentar

Postingan Populer