sering mimisan...? mungkin kamu harus baca ini!...(part 2)

Sering Mimisan? Jangan Abaikan! Mungkin Salah Satu Dari 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

LIFESTYLE & FASHION - Posted by on 

Loopers, mimisan atau yang disebut juga dengan Epistaksin dalam istilah medis merupakan gejala keluarnya darah melalui hidung. Biasanya mimisan akan terjadi selama beberapa menit atau bahkan dalam hitungan detik aja. Mimisan sendiri bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa juga usia lanjut. Sebenarnya mimisan bukanlah suatu penyakit berbahaya, tetapi kalau dibiarkan terus menerus maka harus dicari penyebabnya. Bisa jadi salah satu dari hal berikut ini adalah penyebab mimisan.

Terlalu Dalam Mengorek Hidung

Hayoo, tanpa disadari kebiasaan mengorek hidung ternyata bisa membahayakan hidung. Pasalnya, kalau lagi asik kamu jadi lupa kalau udah terlalu dalam mengorek hidung. Akibatnya bagian dalam hidungmu pun terluka dan menyebabkan terjadinya mimisan.

Perubahan Cuaca Ekstrim

Selain terlalu dalam mengorek hidung, perubahan cuaca ekstrim juga bisa menyebabkan mimisan. Sebab pada saat udara terlalu panas atau dingin maka bisa memicu percahnya pembuluh darah pada bagian hidung hingga terjadilah mimisan. Selain itu, kulit pada bagian sekitar hidung juga menjadi sangat kering sehingga menyebabkan iritasi.

Alergi

Loopers, alergi debu juga asap polusi bisa menjadi penyebab mimisan. Utamanya bagi orang yang memiliki tingkat sensitifitas pernafasan yang cukup tinggi. Selain itu, senyawa kimia yang terkandung di dalam udara berpolusi juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian rongga dan pangkal hidung. Beberapa bahan kimia itu bisa menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal di sekitar hidung serta mimisan.

Kelainan Pada Sistem Pembekuan Darah

Udah pernah denger tentang penyakit hemofilia? Itu loh kelainan yang menyebabkan seseorang sulit membeku darahnya. Jadi, apabila mengalami luka penderita hemofilia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Salah satu gejala munculnya penyakit ini adalah terjadinya pendarahan pada bagian-bagian tubuh salah satunya adalah hidung.

Penggunaan Obat Dengan Dosis Tinggi

Mimisan juga bisa terjadi apabila seseorang mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi. Efek samping dari obat-obatan tersebut adalah terjadinya pendarahan pada bagian hidung karena kandungan kimianya. Misalnya, aspirin, antikoagylan, serta inhaler yang digunakan secara berlebihan. Jadi, mulai sekarang bersikaplah lebih teliti sebelum mengkonsumsi obat.




Wah, ternyata banyak juga ya hal-hal yang bisa memicu terjadinya mimisan. Selain hal-hal tersebut di atas, faktor psikologis juga bisa menyebabkan mimisan. Beberapa kondisi psikologis seperti stres, depresi, juga phobia bisa memicu mimisan pada tubuh seseorang. Semoga informasinya bermanfaat buat kamu, ya!

Komentar

Postingan Populer