@BANKBRI_ID satu-satunya bank yg memiliki satelit sendiri, dengan pelayanan maksimal #BRIyangpertama #BRIsat


#BRIsatMeluncur

Ini Manfaat Punya Satelit Buat BRI


Sumber - detikfinance
Minggu, 19/06/2016 07:00 WIB
Ini Manfaat Punya Satelit Buat BRIFoto: Peluncuran satelit BRIsat (foto: Ariane Space)
Kourou -Hari ini, Sabtu 18 Juni 2016 waktu Kourou, Guiana, Amerika Selatan, merupakan hari bersejarah bagi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Bank BUMN ini meluncurkan satelit bernama BRIsat.

BRI menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri. Apa manfaat satelit ini bagi BRI?

Direktur Keuangan BRI, Haru Koesmahargyo, mengatakan bahwa satelit ini akan membantu BRI menghubungkan layanan perbankannya ke seluruh pelosok di Indonesia. Jalur telekomunikasi lewat satelit memudahkan BRI menjangkau daerah terpencil.

Secara bisnis, BRI juga bisa meningkatkan kapasitasnya untuk menginovasi produk-produk baru perbankan, terutama produk digital.

Suasana bahagia Direksi dan petinggi BRI pasca peluncuran BRIsat


Lalu kedua, satelit ini akan membuat biaya komunikasi BRI lebih efisien. Karena menurut Haru, BRI menghabiskan biaya komunikasi sekitar Rp 500 miliar setahun, termasuk untuk menyewa satelit.

Sementara BRIsat yang dibanderol Rp 3 triliun lebih ini, bisa beroperasi selama 15 tahun, bahkan usia teknisnya bisa diperpanjang menjadi 17 tahun.

"Bisa menghemat biaya komunikasi sekitar 40% per tahun. Belum lagi biaya sewa satelit tiap tahun naik," jelas Haru di Hotel De Roches, Kourou.



Satelit ini, lanjut Haru, juga akan membuat layanan perbankan BRI sama kualitasnya di seluruh Indonesia. Jadi kecepatan layanan perbankan di kota besar dengan wilayah terpencil akan sama.

Dia berharap, dengan menjangkau wilayah terpencil, kredit BRI akan meningkat dan pertumbuhannya bisa di atas rata-rata kredit perbankan nasional.

BRI memang tengah gencar menjangkau layanannya di pelosok Indonesia, lewat agen BRILink, yang merupakan agen branchless banking BRI.



Agen BRILink ini bisa dihubungkan BRI dengan mudah lewat komunikasi satelit yang diluncurkan. BRI memiliki lebih dari 50 ribu agen BRILink di seluruh Indonesia. Jadi satelit bisa membantu BRI meningkatkan pangsa pasar kreditnya.

Per akhir 2015 lalu, total kredit yang dikucurkan BRI adalah Rp 558 triliun, dari jumlah ini, 72% adalah untuk UMKM, 13% untuk korporasi non BUMN, dan 15% untuk BUMN.

Total aset bank yang fokus pada kredit UMKM ini pada periode itu adalah Rp 846 triliun. Total simpanan atau dana pihak ketiga (DPK) BRI adalah Rp 642,8 triliun. Sementara laba BRI di 2015 tercatat Rp 25,2 triliun.

Komentar

Postingan Populer