Penyebab Bau Mulut....mau tau yuk baca!

6 Penyebab Bau Mulut dan Tips untuk Mengatasinya



Bau mulut pasti bikin orang jadi nggak pede ya. Seseorang bisa jadi malu buat ngomong dalam jarak dekat sama orang lain. Kalo kamu pernah mengalami hal itu, tenang aja. kita akan memberi solusi buat kamu nih. Tapi sebelumnya, akan di kasih tahu dulu ya apa aja penyebab bau mulut pada seseorang:

1. Kurang Menjaga Kebersihkan Mulut

Yap, salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin. Akibatnya, kebersihan mulutmu nggak terjaga, serta banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut. Jadi, waktu kamu bangun di pagi hari, mulutmu akan mengelurkan bau nggak sedap.

2. Sariawan

Sariawan pasti nggak enak banget rasanya. Benjolan ini disebabkan oleh infeksi pada mulut, dimana hal tersebut juga bisa menyebabkan bau mulut.

3. Ada Gigi yang Berlubang

Gigi berlubang juga bisa bikin bau mulut lho. Jadi, rajin-rajinlah gosok gigi supaya kesehatan gigimu tetap terjaga.

4. Merokok

Rokok emang mengakibatkan banyak kerugian, termasuk bikin mulutmu jadi bau.

5. Makanan dengan Bau Nggak Sedap

Iya, memakan makanan yang berbau nggak sedap seperti jengkol dan pete bisa bikin bau mulut, soalnya makanan itu bisa membuat nafas jadi bau.

6. Lupa Sarapan Pagi

Pada mulut kita, ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut. Bakteri itu bisa mati oleh air liur yang diproduksi dalam mulut kita sendiri. Nah, kalo kita lupa sarapan pagi, hal terebut menyebabkan produksi air liur kita menjadi berkurang, sehingga mulut kita menjadi bau.

Kalo kamu udah tahu apa penyebab mulut jadi bau, nih sekarang kita kasih tahu cara untuk menanganinya:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Pastinya, supaya terhindar dari bau mulut, kamu harus rajin membersihkan mulut. Kamu cukup rajin menggosok gigi 2x sehari saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari. Tambah bagus kalo kamu menggosok gigi setiap sehabis makan. Kamu juga bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

2. Perbanyak Konsumsi Buah-buahan

Tentunya untuk melawan sariawan, kamu perlu memperbanyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Soalnya, kalo kamu kekurangan vitamin C, jadilah sariawan pada mulut.

3. Jaga Kesehatan Gigi

Kalo bau pada mulutmu disebabkan sama gigi berlubang, kamu bisa mengunjungi dokter gigi untuk menambal atau mencabut gigi tersebut.

4. Stop Merokok

Rokok bikin bau mulut? Karena itu, berhentilah merokok. Selain terhindar dari bau mulut, kamu juga akan terhindar dari penyakit ganas lainnya.

5. Kurangi Makan Makanan yang Berbau Nggak Sedap

Kurangi makan makanan yang nggak berbau sedap, seperti pete dan jengkol. Kalo kamu emang suka makan dua makanan itu, hilangkan baunya dengan memakan beras mentah. Selain beras mentah, kamu juga bisa makan kopi hitam yang baru ditumbuk, minum susu hangat, dan mengunyah permen karet untuk merangsang produksi air liur pada mulut.

6. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Selain mencegah masuk angin, sarapan pagi juga bisa mencegah timbulnya bau mulut lho. Soalnya, bakteri penyebab bau mulut akan mati karena produksi air liur dalam mulut meningkat.

Nah, sekarang kamu udah tahu apa aja penyebab bau mulut dan gimana cara mengatasinya kan? Selamat mencoba ya!

Komentar

Postingan Populer