Dampak Berbahaya keseringan Olahraga

Setelah Tahu Akibat-Akibat Ini, Kamu Bakalan Berhenti Sering Olahraga

SPORTTAINMENT - Posted by on 

Loopers suka olahraga ya? Ya emang sih berolahraga itu bikin badan kita sehat, seger bugar dan juga bisa menambah tenaga. Keseringan olahraga  apa bisa bikin badan kamu makin bugar ya? Hmm... kayaknya malah bakalan jadi berbahaya deh kalau kamu semakin sering olahraga. Iya, jelas sekali kalau olahraga terlalu sering itu bakalan berbahaya Loopers. Orang yang berolahraga berlebihan ini sering kali berolahraga sehari minimal 5 jam dan maksimalnya 6 jam. Waduh lama banget ya. Kamu penasaran apa ya bahayanya? Simak aja ya dibawah ini ya!

Membahayakan sendi

Orang yang sering melakukan olahraga secara berlebihan, tulang rawan di daerah persendian bakalan cepat mengalami kemerosotan. Maksutnya yaitu tulang rawannya bakal cepet rapuh pada usia paruh baya. Tulang rawan itu antara lain lutut, siku dan persendian di area angkel/tumit.

Pembekuan darah

Terlalu sering berolahraga juga menyebabkan pembekuan pada darah Loopers. Jangan meremehkan pembekuan darah ini, karena pembekuan darah juga bisa menyebabkan kematian Loopers. Bahaya utamanya kalau beberapa pecahan bekuan darah itu ikut dengan aliran darah dan mengalir ke beberapa organ tubuh terpenting. Yang ditakutkan lagi kalau darah beku itu mengalirnya bisa sampai ke otak, bisa menyebabkan stroke. Bahaya kan!

Sistem kekebalan tubuh menurun

Daripada keseringan olahraga, mending kamu juga imbangin denga istirahat yang cukup. Karena kalau kamu keseringan olahraga, waktu istirahat kamu bakalan tersita banyak untuk olahraga. Tubuh bakalan menjadi cepat lelah, kekebalan tubuh lemah sehingga kamu bakalan gampang terkena penyakit seperti batuk, pilek, demam dan nyeri kepala.

Mengganggu menstruasi dan kesuburan wanita

Terbukti dalam suatu study di Norwegia kalau olahraga berlebihan ini juga bisa menyebabkan gangguan kurang lancar pada menstruasi. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pada kesuburan wanita karena wanita melakukan olahraga tiga kali lipat daripada olahraga normal.

Gagal jantung dan jantung membesar

Kalau kamu sering banget olahraga, itu juga menyebabkan gagal jantung, karena jantung bakalan merasa cepat lelah dan menjadi lemah sehingga bisa meningkatkan resiko kerusakan pada jantung. Apalagi kalau kamu keseringan olahraga angkat beban yang terlalu berat, kamu bakal sering menahan nafas. Nah pada saat menahan nafas itu, volume jantung akan membesar. Kamu harus berolahraga secara rutin kalau jantungnya sudah jadi besar gitu. Kalau nggak olahraga sekali, jantung bakalan jadi cepat lelah dan banyak ruang yang kosong.

Anoreksia

Kelebihan olahraga juga dapat menimbulkan anoreksia. Penyakit yang bisa disebut kekurangan berat badan. Dalam berolahraga, kamu bakalan membakar kalori, kalau kamu keseringan olahraga, badan kamu bakalan semakin kurus dan bakal terserang penyakit anoreksia.

Tambahan:

Sedikit Tips,

sebaiknya berolahraga secara teratur dan cukup itu memang sangat dianjurkan biar badan kita segar, sehat dan bertenaga. Olahraga yang baik dilakukan sehari hanya sampai batas maksimal 30 sampai 50 menit. Namun, kalau untuk seorang atlit, olahraga kadang dilakukan maksimal 3 jam pada keadaan normal standart atlit.
Memang segala sesuatunya kalau berlebihan itu memang nggak baik. Jadi, kita dianjurkan buat olahraga secukupnya dan sesuai kebutuhan aja ya!

Komentar

Postingan Populer