Jokowi akan Dinobatkan sebagai Bapak Maritim Indonesia

sumber:Metrotvnews.com

Jokowi akan Dinobatkan sebagai Bapak Maritim Indonesia
Presiden Joko Widodo

Jokowi akan Dinobatkan sebagai Bapak Maritim Indonesia

Presiden Joko Widodo bakal dinobatkan sebagai Bapak Maritim Indonesia. Iadianggap memiliki perhatian besar pada sektor kemaritiman di Tanah Air.

"Penghargaan akan diserahkan bersamaan dengan perayaan Hari Maritim Dunia pada 29 September mendatang," ujar Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia Sri Tutie Rayahu di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, 

sri menjelaskan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pelaku kemaritiman di Tanah Air untuk Presiden Jokowi. Sebab, melalui visi Nawacita, Jokowi ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Peringatan Hari Maritim Dunia tahun ini akan dipusatkan di Turki. Sedangkan di Indonesia, peringatan akan digelar di Politeknik Maritim Negeri Indonesia di Semarang, Jawa Tengah.

"Semoga didukung oleh Kemenristekdikti dan TNI AL," kata Sri Tutie.


Rombongan oliteknik Maritim Negeri Indonesia, Semarang, Jawa Tengah -- MTVN/Desi Angriani
Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menegaskan bahwa pemerintah mendukung keberadaan politeknik kemaritiman dalam mewujudkan program Nawacita. Dukungan diwujudkan dalam bentuk lapangan pekerjaan dan sertifikasi bagi lulusan maritim.

"10 politeknik akan kami siapkan project untuk semua lulusan harus bisa diterima pasar dengan mekanisme, yaitu lulusannya harus bersertifikat melalui lembaga sertifikasi profesi," ungkap Nasir.

Menurutnya, lulusan dengan sertifikasi berstandar nasional bakal menunjukkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Pemerintah juga menyiapkan 10 pendidikan vokasi berbasis maritim.

"Tahun ini kami sudah menyiapkan 10 pendidikan vokasi atau politeknik yang kami siapkan untuk menyiapkan sumber daya yang siap pakai. Yaitu did bidang kemaritiman, material, elektronik, dan bidang pembuatan kapal maupun bidang pangan,"

Komentar

Postingan Populer