Inilah cara ampuh mengatasi kecanduan video game anak Anda

Inilah cara ampuh mengatasi kecanduan video game anak Anda


Kecanduan game merupakan masalah besar di Asia, dan banyak orang tua melakukan berbagai cara ekstrim untuk mencoba menyembuhkan kecanduan anak-anaknya. Beberapa orang tua mengirim anak-anak mereka ke sekolah rehabilitasi kecanduan game yang mengerikan. Beberapa orang tua merantai anak-anak mereka ke meja belajar. Beberapa orang tua memilih untuk memukuli anak-anak mereka sendiri.
Tak satu pun dari metode tersebut benar-benar berhasil, sebagaimana telah dibuktikan oleh cerita-cerita di atas, tapi ada satu yang berhasil: belajar bersama anak. Itulah metode yang dilakukan Jiang Zhongxin ketika mengetahui bahwa anaknya, Jiang Kang, sering bermain game online pada awal-awal masuk SMA. Jiang Zhongxin pun memutuskan untuk menemani dan belajar bersama anaknya.
Ketika berbicara dengan anaknya, Jiang Zhongxin menemukan bahwa anaknya telah kehilangan minat di sekolah, dan bahwa itu – bukan kecanduan game – merupakan masalah sebenarnya. Jiang Zhongxin mulai sering mampir ke kelas memeriksa anaknya dan malah menemukan kembali minatnya sendiri di sekolah. Ia pun memutuskan untuk mendaftarkan diri dan bersekolah bersama dengan anaknya. Ia bahkan bertaruh dengan anaknya bahwa ia bisa lulus dengan nilai yang lebih tinggi.
cara mengatasi kecanduan game
Jiang Kang, tergerak oleh dedikasi ayahnya, mulai sering masuk sekolah, dan nilai-nilainya meningkat. Juni lalu, Jiang Zhongxin bahkan mengambil ujian Gaokao, ujian masuk perguruan tinggi di China, dengan anaknya. Hasilnya? Mereka berdua lulus. Jiang Kang mendapat nilai yang lebih tinggi, tapi Jiang Zhongxin mendapat nilai yang cukup baik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi juga. Kini, Jiang Zhongxin menjual rumah mereka kepada saudaranya, dan ia dan anaknya akan masuk ke perguruan tinggi!
Berhenti dari pekerjaan Anda dan bersekolah lagi memang bukan solusi yang masuk akal bagi kebanyakan orang tua. Tapi metode Jiang memiliki beberapa pelajaran yang bisa dipetik bahkan bagi orang tua yang tidak mampu melakukan hal ekstrem yang dilakukan Jiang. Tindakan Jiang -dan hasilnya- menunjukkan sesuatu yang banyak orang tua sudah tahu: berbicara jujur ​​dengan anak-anak Anda, dan terlibat di dunia mereka dibanding hanya menghakimi mereka, bisa membuat perbedaan besar.

Komentar

Postingan Populer