Malware Android Terbaru Bisa Menghapus Data Ponsel dengan Satu Pesan Teks

Malware Android Terbaru Bisa Menghapus Data Ponsel dengan Satu Pesan Teks


Para pengguna smartphone dan tablet Android setiap harinya dipenuhi dengan ancaman keberadaan aplikasi malware. Terlebih lagi aplikasi malware yang mempunyai kemampuan untuk menghapus data yang tersimpan di ponsel. Sebuah perusahaan analis keamanan dari Denmark pun kini menemukan malware Android baru yang bahkan bisa menghapus data di ponsel hanya dengan satu pesan SMS.
malware
Perusahaan analis keamanan bernama Heimdal itu mengungkapkan kalau malware berkemampuan sangat canggih itu bernama Mazar. Aplikasi malware berbahaya ini punya kemampuan untuk mengirim pesan teks dengan disertai link multimedia yang terlihat tidak berbahaya. Dengan mengunduh file pada link tersebut, maka selanjutnya data yang tersimpan pada ponsel pun akan hangus.
Tidak mudah untuk mengetahui tingkat ancaman dari malware terbaru ini. Tak karena link tersebut merupakan link untuk mengunduh aplikasi Tor untuk ponsel yang selanjutnya diikuti dengan proses download malware yang sebenarnya. Jadi pemilik ponsel pun dikelabui oleh malware ini dengan tahap pengunduhan Tor terlebih dulu.
Heimdal pun mengungkapkan kalau aplikasi malware ini telah tersebar luas di negara Denmark. Mereka mengungkapkan kalau sebanyak 100 ribu ponsel Android terindikasi sudah menerima pesan teks dari malware Mazar ini. Namun pihak Heimdal tidak berani memastikan apakah keberadaan malware ini juga sudah menyebar ke negara selain Denmark atau tidak.
Untuk langkah preventifnya, pemilik ponsel pun harus berhati-hati ketika menerima pesan yang di dalamnya terdapat sebuah link menuju ke halaman tertentu. Alangkah baiknya untuk tidak menekan link tersebut. Itu tentu saja dilakukan demi keamanan data yang tersimpan di ponsel.

Komentar

Postingan Populer