Google Akhirnya Memutuskan untuk Menutup Layanan Picasa

Google Akhirnya Memutuskan untuk Menutup Layanan Picasa


(Kredit: GSM Arena)(Kredit: GSM Arena)

Seperti yang kita tahu, Google telah meluncurkan layanan album foto yang bernama Google Photos tahun lalu. Hebatnya meski telah meluncurkan layanan baru, namun layanan foto Picasa milik Google masih tetap eksis. Pada saat itu, banyak spekulasi bermunculan yang mengatakan bahwa Picasa akan dilenyapkan, namun layanan tersebut masih bertahan hingga sekarang.

Namun, eksistensi Picasa tidak akan bertahan lama, pasalnya Google telah memutuskan untuk menutup layanan Picasa pada tahun ini. Langkah tersebut diambil oleh Google setelah menganalisa situasi sejak dahulu. Akhirnya, Picasa akan “pensiun” tahun ini dan perusahaan akan berfokus pada layanan Google Photos.
Langkah yang diambil Google ini memang masuk akal, karena sangat tidak efektif seperti menjalankan dua hal yang sama pada waktu yang bersamaan. Namun Google mengatakan, bahwa Picasa tidak akan benar-benar hilang selamanya, hanya saja proses pengunduran layanan tersebut akan memakan waktu beberapa bulan.
Aplikasi desktop Picasa tidak akan didukung lagi terhitung mulai tanggal 1 Maret 2016. Meski masih dapat digunakan setelah tanggal itu, namun aplikasi tersebut tidak akan mendapatkan pembaruan lagi. Di sisi lain, layanan Picasa Web tidak akan berubah hingga tanggal 1 Mei mendatang. Bahkan setelah tanggal itu, Anda masih dapat melihat album, mengunguh atau pun menghapus foto Anda.
Kendati demikian, Anda tidak dimungkinkan lagi untuk menambah, mengedit, atau mengatur album di Picasa. Ya, meski agak membingungkan namun Anda dapat mengunjungi layanan Google Photos untuk melihat foto dan video Anda dari layanan Picasa, demikian seperti yang dilansir GSM Arena, Sabtu (13/2/2016).

Komentar

Postingan Populer