waspada ! Hacker Gunakan Steganography pada Game Android Untuk Susupi Malware Jahat, Curi Data Penting Lainnya

Hacker Gunakan Steganography pada Game Android Untuk Susupi Malware Jahat, Curi Data Penting Feb 2016


Anda suka mengunduh berbagai game di toko digital pada sistem operasi Android, Play Store? Jika benar, Anda kini harus lebih berhati-hati dalam memasang game pada perangkat smartphone Anda. Pasalnya kini beredar sebuah malware pada game Android, yang mana game tersebut berada di Play Store.
android-malwareSeperti yang dikutip dari WCCFtech, Selasa (2/2/2016), dikatakan bahwa terdapat 60 game yang di dalamnya terdapat sebuah malware berbahaya. Hal ini pertama kali disampaikan oleh salah satu vendor anti virus asal Rusia, Doctor Web, yang mana malware ini diberi nama Android.Xiny.19.origin. Sifat dari malware ini mirip sekali dengan trojan, beraksi secara diam-diam, dan mengeksekusi kode berbahaya setelah game tersebut di pasang.
Game tersebut berasal dari 30 pengembang yang berbeda, yang mana bila dijalankan game tersebut berjalan dengan normal. Pihak Doctor Web mengatakan bahwa malware ini juga mencuri data para pengguna yang sudah memasang game dengan malware di dalamnya. Seperti data IMEI perangkat dan alamat MAC, sistem operasi yang digunakan, operator seluler yang digunakan, informasi dari kartu memori, serta folder dimana aplikasi tersebut telah dipasang.

Game yang kabarnya mengandung malware berbahaya
Game yang kabarnya mengandung malware berbahayaGame yang kabarnya mengandung malware berbahaya

Doctor Web juga menambahkan bahwa, malware Android.Xiny.19.origin juga mampu mengunduh file APK yang telah disusupi dengan berbagai kode berbahaya, untuk melancarkan aksi para hacker secara jarak jauh. Untuk mengelabuhi eksekusi dari kode tersebut, para hacker menggunakan metode steganography agar sulit dideteksi. Bahkan yang lebih bahaya lagi bila perangkat yang disusupi malware ini dalam kondisi ter-root, sangat mudah untuk memasang dan menghapus file sistem, tanpa sepengetahuan penggunanya.
Apakah perangkat smartphone atau tablet Anda mengalami hal serupa? Bila demikian, cobalah untuk menghapus semua aplikasi dan game yang mencurigakan, jangan lupa untuk lakukan backup terlebih dahulu. Bila perlu lakukan format ulang agar malware yang ada hilang tak berbekas.

Komentar

Postingan Populer